QUANTITATIVE EASING (QE)


QUANTITATIVE EASING (QE)

Kebijakan yang dilakukan oleh bank sentral dalam melakukan pelonggaran moneter yang bertujuan untuk memberikan stimulus terhadap kegiatan perekonomian. Kebijakan ini dilakukan dengan cara menambah supply uang yang beredar dengan mencetak uang baru dan melakukan program pembelian aset keuangan (obligasi) pemerintah.

Mekanisme untuk melakukan kebijakan QE , yaitu :

  1. Bank Sentral merencakankan tindakan untuk mencetak uang baru dan melakukan program pembelian obligasi pemerintah yang beredar di pasar.
  2. Dengan dilakukan pembelian obligasi tersebut maka akan berkurangnya obligasi pemerintah yang beredar di masyarakat sehingga meningkatnya harga obligasi pemerintah tersebut. Dengan kata lain nilai yield pun akan berkurang.
  3. Bank umum yang menjual obligasinya kepada pemerintah maka akan memperoleh dana pinjaman yang lebih banyak.


Dengan dilakukan kebijakan tersebut maka tingkat bunga obligasi yang sudah turun, maka bank sentral bisa menurunkan suku bunga pinjaman. Tingkat suku bunga pinjaman yang rendah akan menarik kembali minat para konsumen dan pelaku bisnis sehingga hal ini akan meningkatkan aktifitas perekonomian khususnya di pasar kredit sehingga akan berdampak bagi pertumbuhan ekonomi suatu negara. Dan juga memastikan bahwa tingkat inflasi suatu negara tidak jatuh dibawah target. 

No comments:

Post a Comment